SEKILAS INFO
: - Jumat, 23-04-2021
  • 11 bulan yang lalu / selamat hari raya idulfitri 1441 H / 2020 M
Psikotes (Tes Psikologi) Untuk Siswa Kelas X

Kegiatan untuk siswa-siswi baru dikelas X SMK Texmaco Pemalang tanggal 20-21 Agustus 2019 adalah Psikotes (tes Psikologi), kegiatan ini merupakan salah satu penunjang KBM dan siswa dapat mengetahui bakat dan minat pada dirinya dan sekolah bisa terbantu untuk mengetahui karakter dan dapat memahami gambaran dari siswa. Beberapa Manfaat Psikotes (Tes Psikologi):

1. Memahami Gambaran Umum Karakteristik Siswa.

Karakteristik siswa dapat digambarkan dengan menggunakan tes psikologi. Ini juga merupakan salah satu kelebihan tersendiri dari tes psikologi. Gambaran umum seseorang bisa diketahui melalui tes psikologi tertentu dengan mengacu teori-teori psikologi kepribadian.

2. Memahami Gambaran Umum Kebiasaan Siswa.

Psikotes dapat pula digunakan untuk mengetahui gambaran umum kebiasaan siswa. Psikologi itu sendiri sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku seseorang, maka kemudian kebiasaan siswa bisa diidentifikasi melalui beberapa macam tes psikologi. Dengan psikotes dapat pula melihat bagaimana reaksi siswa saat menghadapi permasalahan tertentu.

3. Mengukur Kemampuan & Potensi Siswa.

Potensi dan kemampuan siswa dapat diukur melalui tes psikologi. Dengan tes tertentu dapat diketahui di bagian mana saja siswa lebih unggul dan memiliki potensi. Melalui tes psikologi, siswa dapat diukur minat dan bakat masing-masing.

4. Menilai Motivasi Siswa.

Motivasi siswa pada obyek dan pekerjaan tertentu dapat diukur melalui tes psikologi. Tingkat kemauan siswa yang cenderung berubah-ubah atau stabil dapat disimpulkan melalui beberapa macam tes psikologi.

5. Manfaat untuk Persiapan Konseling.

Sebagai Konselor tentu memerlukan informasi tentang karakteristik siswa. Tes psikologi digunakan untuk mendapatkan data-data tersebut. Hasil dari psikotes akan ditelaah oleh konselor sebagai persiapan dari konseling.

6. Pemeriksaan Diagnosa Kejiwaan.

Psikotes merupakan salah satu bentuk pemeriksaan penunjang yang dapat digunakan pada siswa yang mengalami masalah kejiwaan. Beragam tes psikologi diagnostik, dapat dipilih yang paling sesuai. Ini akan sangat berguna sekali terutama untuk menentukan diagnosa kejiwaan yang paling sesuai.

7. Bermanfaat dalam Persiapan Konsultasi.

Konsultasi dilakukan untuk membantu siswa menemukan pemecahan masalah. Psikotes dapat membantu untuk mengetahui jenis konsultasi yang tepat yang akan diberikan kepada klien (siswa).

8. Membantu Menyusun Metode Konseling.

Dengan diketahuinya masalah-masalah yang ada, maka akan dapat dirancang strategi konseling yang tepat. Tes psikologi diberikan sesuai dengan kasus atau permasalahan yang sedang dihadapi, sehingga strategi konseling yang digunakan dapat tepat sasaran. Demikian informasi singkat tentang manfaat tes psikologi bagi dunia pendidikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman Terbaru

UTS dan UAS Genap Tp.2019-2020

Pakai Baju Adat