Mengapa Kita Memperingati Hari Pahlawan


Sejak kita tahu bangku sekolahan, kita sering mendengar istilah hari pahlawan. Ya, setiap tahunnya tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November merupakan peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia

Sejarah hari Pahlawan

Saat itu di tahun 1945 setelah merdeka, tentara Inggris yang tiba di Indonesia tergabung dalam Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) atas keputusan Blok Sekutu mengemban tugas untuk melucuti tentara Jepang dan membebaskan para tawanan perang yang ditahan Jepang. 

Selain menyerang tentara Jepang, tentara Inggris juga membawa misi untuk mengembalikan Indonesia sebagai negeri jajahan Hindia Belanda di bawah kendali pemerintahan Belanda. Mereka menjalankan agendanya bersama Netherland Indies Civil Administration (NICA). 

Pada awalnya, rakyat Indonesia menyambut kedatangan pasukan sekutu. Akan tetapi, setelah mengetahui mereka diboncengi NICA yang bertujuan ingin menegakkan kembali kekuasaan Hindia Belanda, bangsa Indonesia melawan. 

Setelah kehadiran tentara Inggris dan NICA di Tanah Air, beberapa bentrokan tak bisa terhindarkan. Para santri bahkan juga ikut melawan Inggris usai KH Hasyim Asy’ari mengeluarkan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945. Alhasil, selama September hingga November 1945, pertempuran semakin memanas dan menelan banyak korban. 

Puncak dari perlawanan bangsa Indonesia terjadi di Surabaya pada 10 November 1945. Di hari itu, pasukan Inggris melancarkan serangan ke seluruh pelosok kota. Dalam waktu tiga hari, hampir separuh kota dikuasai Inggris, tetapi pertempuran baru berakhir setelah tiga minggu berlalu. 

Akibatnya, setidaknya enam ribu penduduk Indonesia gugur dan ribuan lainnya meninggalkan wilayah yang hancur. Gambaran yang ada mungkin sama seperti yang kita lihat berita Israel menggempur Palestina. Sangat mengenaskan dan itu terjadi di negara kita berpuluh tahun yang lalu.

 Peristiwa 10 November 1945 tersebut dianggap sebagai pertempuran terbesar pertama bagi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan selama masa revolusi kemerdekaan.

Hari Pahlawan Jangan Hanya Diperingati

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada diri kita saat ini untuk mengisi kemerdekaan.

Setiap masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan.

Bagi pelajar belajarlah yang tekun. Manfaatkan waktu dengan hal yang positif. Bawa pengaruh yang baik buat yang lain. Semangat berjuang meraih cita-cita demi hidup yang lebih baik. Agar selanjutnya kelak kita bisa mewujudkan cita-cita kemerdekaan untuk mengatasi kemiskinan dan kebodohan serta menjadikan masa depan bangsa lebih adil, cerdas, dan makmur.

Jadikan itu sebagai ungkapan syukur dan rasa terima kasih kita pada para pahlawan yang rela berkorban nyawa demi kita semua, anak cucunya untuk bisa merdeka hidup bebas, bisa nyaman di negeri sendiri.

Penulis : Noor ita Yulinda, S.Pd


21 tanggapan untuk “Mengapa Kita Memperingati Hari Pahlawan”

  1. Setiap pelajar harus memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan.

  2. dengan sejarah yang saya dengar para pahlawan benar benar berjuang demi bangsa ini dan sangat memikirkan generasi generasi yang akan datang,benar benar pahlawan perjuangan namamu layak di kenang terimakasih pahlawan bangsa yang sudah berjuang karnamu kami bisa menikmati kemerdekaan indonesia-!!!!
    MERDEKAA….MERDEKA….MERDEKA….!!!

  3. perjuangan sampai titik darah penghabisan,nyawa kau pertaruhkan,demi bangsa ini,kau rela mati ditanah kebangsaan
    terimakasih para pahlawan bangsa kau perjuangkan bangsa demi anak dan cucu cucu mu ini

    #loveindonesia

  4. Kita sebagai penerus bangsa harus bersyukur dan berterima kasih kepada para pahlawan yang terdahulu yang telah memerdekakan bangsa ini dari para penjajah yang menjajah bangsa Indonesia.berkat mereka kita bisa hidup dengan damai tanpa ada lagi orang yang mengaggu bangsa ini.para pahlawan rela mengorbankan nyawanya demi memerdekakan negara Indonesia dan oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa sepaptutnya menghargai jasa para pahlawan.

  5. Terimakasih Pahlawan atas semua perjuanganmu semoga kau di tempatkan di surga, atas semua perjuanganmu memerdekakan negara ini, MERDEKA

  6. Mengenang jasa dan perjuangan untuk para pejuang yang gugur di masa lalu, dan juga menanamkan nilai-nilai perjuangan untuk masa depan. Selamat Hari Pahlawan

  7. Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus terus berjuang untuk melanjutkan cita-cita para pahlawan demi Indonesia yang lebih baik.

    kita dapat memberdayakan diri kita sendiri dan membangun negara sesuai dengan impian para pahlawan.

    Mari kita jadikan Hari Pahlawan ini sebagai momen untuk introspeksi diri, dan melihat apakah kita sudah berkontribusi positif kepada bangsa ini.

    Perjuangan para pahlawan di masa lalu adalah tonggak sejarah yang membentuk karakter dan identitas kita sebagai bangsa.

    terimakasih atas jasanya dan selamat hari pahlawan!.

  8. Terimakasih banyak pahlawanku ngkau terlah berjua untuk kemerdekaan ini.biarkan lah anak cucumu yg mendoakan mu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.